China Menggunakan Robot Untuk Membersihkan Sampah Ruang Angkasa

By

China Menggunakan Robot Untuk Membersihkan Sampah Ruang Angkasa

blitz1941– China berambisi untuk memimpin eksplorasi ruang angkasa. Setelah misi membawa sampel Bulan ke Bumi berhasil dilakukan, kini China ingin membersihkan sampah ruang angkasa.

Buat menciptakannya, peneliti di China meningkatkan tangan robotik kontinum yang diilhami anggota tubuh manusia. Beberapa besar manusia mesin itu terbuat dengan tautan terpisah yang terkoneksi dengan cara kelu oleh susunan sambungan.

Robot kontinum itu kebalikannya bisa beranjak dengan melekukkan susunan lekukan dengan cara lalu menembus alhasil menciptakan aksi yang menyamai aksi pada tentakel ataupun ular.

tim peneliti dari Universitas Tianjin sukses meningkatkan tangan robotik yang bisa dipakai buat mendatangi serta mengakulasi puing- puing satelit ataupun teknologi angkasa luar lain yang memutari jauh di atas Dunia, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (5/2/2021).

Tangan robotik yang wujudnya menyamai tentakel gurita atau belalai gajah itu mencakup tulang balik pada bagian tengah yang dibuat dari paduan metal superelastis nikel serta titanium, yang bisa kembali ke wujud dini dengan cara natural berakhir hadapi pembengkokan ataupun canggaan oleh daya eksternal. Tangan manusia mesin itu pula mempunyai kamera serta cakar buat mencengkram yang terpasang pada bagian ujungnya.

Kemampuan Adaptasi Lebih Baik

Dalam video yang dirilis universitas ituĀ terlihat proses penangkapan yang presisi oleh robot tersebut, yang meliuk-liuk melewati labirin rumit tanpa bantuan manusia dan menangkap subjek berukuran tidak lebih besar dari bola ping pong.

Peneliti utama Kang Rongjie, yang juga menjabat sebagai lektor kepala di Pusat Mekanisme dan Robotika Canggih Universitas Tianjin mengungkapkan, dalam eksperimen tersebut, lengan robotik kontinum itu memperlihatkan fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang lebih baik terhadap lingkungan eksternal dibandingkan robot biasa yang membutuhkan sensor sentuhan dalam pengoperasiannya.

Sebelumnya, tim peneliti yang dipimpin Kang tersebut telah sukses dalam mempelajari dan membuat robot. Penemuan terbaru mereka dipublikasikan dalam The International Journal of Robotics Research.

Lengan robotik itu juga dapat digunakan dalam operasi yang berbahaya, seperti operasi pencarian dan penyelamatan di lokasi bencana alam, dan pemeliharaan mesin di lingkungan industri yang memiliki ruang terbatas, tutur salah satu penulis studi Dai Jiansheng, pakar robotika di Universitas Tianjin.